Imu Hubungan Internasional

Hello guys.,meet you again this moment., kali ini saya mau bahas sedikit tentang jurusan yang saya pilih dikampus putih ini.Yaitu Ilmu Hubungan Internasional.
Prodi Ilmu Hubungan Internasional berdiri dibawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Poliik A.K.A FISIP. Fakultas Ilmu Hubungan internasional atau yang biasa disingkat dengan nama HI ini sudah berdiri sejak tahun 2005 dan sudah memiliki akreditasi A.


Sebagai sebuah fenomena, HI dipahami sebagai interaksi yang terjadi antar aktor-aktor tertentu, dimana interaksi tersebut telah melampaui batas yurisdiksi nasional sebuah negara. Sementara, sebagai sebuah disiplin ilmu, HI dipahami sebagai kajian akademis yang berusaha memahami interaksi antar aktor-aktor tertentu yang telah melampaui batas yurisdiksi nasional negara.


 Hubungan Internasional, adalah cabang dari ilmu politik, merupakan suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global di antara negara-negara dalam sistem internasional, termasuk peran negara-negara, organisasi-organisasi antarpemerintah, organisasi-organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan-perusahaan multinasional. Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena Hubungan Internasional berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.

Selain ilmu politik, Hubungan Internasional menggunakan pelbagai bidang ilmu seperti ekonomi, sejarah, hukum, filsafat, geografi, sosiologi, antropologi, psikologi, studi-studi budaya dalam kajian-kajiannya. HI mencakup rentang isu yang luas, dari globalisasi dan dampak-dampaknya terhadap masyarakat-masyarakat dan kedaulatan negara sampai kelestrarian ekologis, proliferasi nuklir, nasionalisme, perkembangan ekonomi, terorisme, kejahatan yang terorganisasi, keselamatan umat manusia, dan hak-hak asasi manusia.

Apa kelebihannya??? seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka sangat banyak kelebihannya, apalagi jika kamu benar2 meminati disiplin ilmu ini.
Minimal kamu bisa menjadi diplomat atau pengajar. Karena ilmu seperti ini secara detail tidak banyak yang menguasainya dengan baik. Mudah2an kamu bisa.
Semoga Sukses...

Komentar

Postingan Populer